Mahasiswa KKN Posko 66 Di Rongkong Kerjasama USAID, Kembangkan Agroforestry Kakao - Ekspos Demokrasi

Breaking News

Postingan Populer

Sabtu, 05 Oktober 2024

Mahasiswa KKN Posko 66 Di Rongkong Kerjasama USAID, Kembangkan Agroforestry Kakao

 

Eksposdemokrasi.id,Luwu Timur-Mahasiswa KKN Posko 66 Desa Kanandede, Kec. Rongkong Berkolaborasi USAID ( United States Agency Internasional Development) , OFI, HERSHEYS, RIKOLTO, BAPPENAS Dalam Program Lascarcoco yang mengembangkan Agroforestry Kakao!


Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Posko 66 Desa Kanandede Angkatan XLVI 2024  Berkolaborasi Dengan  USAID ( United States Agency Internasional Development) serta melibatkan Olam Food Ingredients (Ofi) untuk mengembangkan salah satu  Aset Desa Kanande di Bidang pertanian yaitu kakao.

Mahasiswa KKN Posko 66 Desa Kanandede, Kec. Rongkong Berkolaborasi USAID ( United States Agency Internasional Development) Dalam Program Lascarcoco yang mengembangkan Agroforestry Kakao!


Kegiatan Berlangsung Pada Sabtu, 21 September Pukul 10:00 - 17:00 wita kegiatan ini meliputi praktikum perawatan,penanam hingga pemetikan buah kakao kepada kelompok tani yang di arahkan langsung oleh Ahmad Husain sebagai Field Officer dan ibu irmawati Arifuddin, selaku Koordinator area Program Lascarcoco Luwu Utara.


Ahmad Husain dan ibu  Irmawati Menerangkan bahwa salah satu metode yang di terapkan dalam program Lascarcoco adalah fokus pada penerapan Metode SALT (Slopping Agriculture Land Technology) alias pola tanam agroforestry di lahan yang miring.


Proyek ”Landscape Approach to Sustainable and Climate Change Resilient Cocoa and Coffee Agroforestry (LASCARCOCO”) merupakan proyek selama tiga tahun yang telah di mulai sejak Maret 2023 yang bertujuan untuk: 

1. mendorong praktik agroforestri kakao dan kopi berkelanjutan,

   2. mitigasi risiko dan adaptasi terhadap perubahan iklim, dan 

3. meningkatkan mata pencaharian petani. 

Dalam proses implementasi program, salah satu aspek yang diusung oleh LASCARCOCO adalah pendekatan secara holistik yang melibatkan berbagai pihak. Adapun target dalam rentan waktu tiga tahun (2023-2025) untuk Program Lascarcoco ini adalah kegiatan On Farm untuk petani kopi dan kakao sebanyak 6500 petani (3.000 petani kakao SumUt, 2.500  petani kakao SulSel dan 1.000 petani kopi NTT) dan kegiatan Off Farm berupa konservasi wilayah PS, HKm dengan total target 1,750 petani area PS & HKM (700 petani SumUt / 5000 ha, 350 petani SulSel/4000 ha dan 700 petani NTT /5000 ha). (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad