Libatkan Berbagai Elemen, UPTD PKM Mangkutana Gelar Kampanye Germas dan Aksi Bergizi - Ekspos Demokrasi

Breaking News

Postingan Populer

Rabu, 08 Maret 2023

Libatkan Berbagai Elemen, UPTD PKM Mangkutana Gelar Kampanye Germas dan Aksi Bergizi

Eksposdemokrasi.id,Luwu Timur-Dalam rangka mengajak masyarakat untuk hidup sehat, UPTD Puskesmas Mangkutana menggelar Kampanye Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas) dan Aksi Bergizi, yang dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Mangkutana, Rabu (08/03/2023).


Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adnan, Ketua TP PKK Kecamatan Mangkutana, Kapolsek Mangkutana, Danramil Mangkutana, PKK se-Kec. Mangkutana, Bhayangkari Ranting Tomoni Timur, Darma Wanita Kec. Mangkutana, Bunda Paud Lansia Kec. Mangkutana, Kepala UPTD PKM Mangkutana, Staf Kecamatan Mangkutana, Kepala Desa, Kepala Sekolah, Kader kesehatan, instansi pemerintah di wilayah Kecamatan Mangkutana, para Siswa dan kelompok TK.


Kegiatan diawali dengan Senam Bersama oleh seluruh peserta kemudian Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kab Luwu Timur, Sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kab Luwu Timur, Parodi 'Kampanye Germas dan Aksi Bergizi" dari PKM Mangkutana, Pemeriksaan Kesehatan meliputi Pengukuran TD, TB, BB, LP, dan Pemeriksaan Gula darah, Edukasi Kesehatan, pengundian Door Price, kemudian Mengkonsumsi Buah Bersama.


Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kab. Luwu Timur, Hj. Sufriyati menyampaikan 7 hal tentang germas, antara lain ; tidak merokok di dalam rumah, diet seimbang, makan buah dan sayur, aktivitas fisik dapat berupa senam atau menanam sayur atau berkebun,  buang air di jamban sehat, menjaga lingkungan sehat, serta melaksanakan program 'peduli ki saya jaga ki'.


"Kalau hal-hal ini kita laksanakan, saya yakin Insha Allah masyarakat kita akan selalu berada dalam kondisi dan sehat terhindar dari berbagai penyakit," kata Sufriyati.


Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur, dr. Adnan D. Kasim juga menyampaikan 5 hal dalam germas diantaranya, menjaga lingkungan, diet seimbang 4 sehat 5 sempurna, memeriksakan kesehatan secara berkala, kelola stres dengan baik agar tekanan darah terjaga normal,aktivitas fisik.


Sementara dalam Parodi bertema pencegahan stunting yang diparodikan oleh 11 orang staf PKM Mangkutana, intinya mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan pencegahan stunting dengan memulai aksi bergizi dalam 1000 hpk, bahkan dimulai dari remaja putri cegah anemia dgn mengkonsumsi tablet tambah darah 1 biji satu minggu.


Sedangkan untuk ibu hamil diminta agar mengkonsumsi makanan bergizi dgn memperhatikan isi piring dan beranekaragam makanan serta kaya akan protein hewani, IMD dan Asi Ekslusif, memperhatikan MP ASI dengan menerapkan pola asuh dan pola makan yang baik dan benar, aktif mengikuti kegiatan posyandu setiap bulan serta mendapatkan imunisasi yg lengkap.


Sumber :  (ikp-humas/kominfo-sp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad