Pengajian LDII Lutim Dirangkai Penyuluhan Hukum Oleh Kajari - Ekspos Demokrasi

Breaking News

Postingan Populer

Minggu, 19 Februari 2023

Pengajian LDII Lutim Dirangkai Penyuluhan Hukum Oleh Kajari

 

Rosyid Aji Galahmahta Sulistiono,SH
Eksposdemokrasi.id,Luwu Timur-Pengurus DPD LDII Kabupaten Luwu Timur menggelar kegiatan pengajian umum yang berlangsung di mesjid binaannya, Jalan Pongkia, Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu timur,Minggu 19 Februari 2023,Pagi tadi. 

Yang lebih menarik, dalam kegiatan tersebut, juga di rangkaikan dengan penyuluhan hukum dari Kajari Lutim, yang diwakili oleh Rosyid Aji Galahmahta Sulistiono,SH dengan jabatannya Ajun Jaksa Madya. 


Sebelum masuk ke penyuluhan hukum, terlebih dahulu dilakukan pengajian Qur'an dan hadits beserta makna dan keterangan. 


Ketua DPD LDII Luwu Timur,H.Basri Kambatu melalui sekertaris Drs. H.Basrudin Peruge juga menyampaikan jika dalam organisasi yang dia bawahi rutin melakukan pengajian setiap bulan dan memiliki struktur pengurus berjenjang dari DPP hingga ke tingkat Kecamatan dengan nama PAC. 


Selain itu, delapan program LDII juga di paparkan oleh Basrudin dalam melakukan pembinaan terhadap kader organisasinya.

Delapan program tersebut adalah : 

1. Kebangsaan

2. Dakwah 

3. Pendidikan 

4. Ekonomi Syariah 

5. Kesehatan Herbal 

6. Ketahanan Pangan dan Lingkungan 

7. Tekhnologi Digital 

8. Energi Baru Terbarukan. 


Rosyid Aji Galahmahta Sulistiono,SH yang membawa materi 4 pilar kebangsaan merasa bangga dengan sistem pengajian yang diterapkan oleh LDII. 


"Sangat merasa bersyukur, karena ditengah kondisi saat ini, banyak yang mengaku Islam tapi sudah meninggalkan ajaran Qur'an dan hadits, tapi disini, Alhamdulillah pengajian dengan sistem manqul masih terjaga, yaitu memindahkan ilmu langsung dari guru ke murid dengan sama-sama membuka Qur'an atau hadist ", Ujarnya. 


Melanjutkan penyuluhan hukumnya, Rosyid memaparkan tentang 4 pilar kebangsaan, yaitu 

1.Pancasila

2.UUD 1945 

3.NKRI 

4.Bhineka Tunggal Ika 


"Tujuan materi ini disampaikan untuk memberikan penguatan terhadap kebangsaan,dan juga terhadap diri sendiri, saat ini yang bahaya musuh dari dalam diri sendiri, karena musuh itu tidak nampak,jangan mudah di adu domba,"Kata Rosyid.


"Empat pilar kebangsaan ini adalah tiang penyangga yang kokoh, agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tentram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana", tambahnya.


Ia juga menjelaskan jika saat ini tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia ada dua hal, yaitu tantangan kebangsaan Internal dan Eksternal. 

Ratusan kader LDII hadir di kegiatan tersebut yang datang dari berbagai kecamatan di Luwu Timur.


Penulis : Syarifuddin 

Editor : Adry 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad