Patroli Pengawasan Bawaslu Lutim, Selamatkan Hak Pilih Warga - Ekspos Demokrasi

Breaking News

Postingan Populer

Senin, 27 Februari 2023

Patroli Pengawasan Bawaslu Lutim, Selamatkan Hak Pilih Warga

Eksposdemokrasi.id,Luwu Timur-Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) Luwu Timur menggelar Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih, di halaman kantor, Jl. Dr. Sam Ratulangi Malili, Senin, (27/2/2023).


Apel tersebut dipimpin Kepala Sekeretariat Bawaslu Luwu Timur Lenny Thalib dan diikuti seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten, Panwaslu Kecamatan Malili dan Panwaslu Kelurahan Desa se Kecamatan Malili. 


Pada kesempatan itu, Lenny Thalib menyampaikan instruksi Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, yang tertuang dalam Instruksi Nomor 4 Tahun 2023 tentang Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih.


Dalam instruksi tersebut kata Lenny, Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih akan dilakukan selama tahapan Pemutakhiran data dan Penyusunan Daftar Pemilih minimal 2 (dua) kali setiap pekannya hingga 14 Februari 2024 dengan memastikan adanya tindak lanjut terhadap saran perbaikan atas ketidaksesuaian kinerja KPU di seluruh tingkatan dan Pantarlih.


Selain itu, Bawaslu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan coklit hingga pelaksanaan pemungutan suara. 


“Sasaran masyarakat difokuskan kepada masyarakat yang rentan berpotensi teraabaikan hak pilihnya dan berpotensi disalahgunakan hak pilihnya seperti pemilih disabilitas, masyarakat adat, masyarakat yang tidak berdomisili sesuai dengan Kartu Tanda Penduduknya, serta masyarakat yang telah meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih di KPU,”kata Lenny membacakan instruksi tersebut.


Lenny juga menyebutkan untuk mendirikan Posko Pengaduan Keliling Kawal Hak Pilih dan bentuk kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih lainnya yang disesuaikan dengan kearifan lokal dan peta kerawanan wilayah masing-masing.


“Dalam melaksanakan kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih, Bawaslu Luwu Timur akan melibatkan Panwaslu Kecamatan dan Laporan pelaksanaan kegiatan tersebut akan disampaikan secara berjenjang kepada Bawaslu RI,”tandasnya. 


Untuk Informasi, Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih ini juga dilaksanakan secara serentak di masing-masing Sekretariat Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Luwu Timur.

(Redaksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad